Lazada Indonesia

Articles

Kuliner Bali Semarak di Lidah dan Perut

I.Pengantar

Petualangan kuliner di Bali secara garis besar terbagi menjadi dua kelompok: fancy dining, dan streetfood. Hal ini tidak mengherankan mengingat Bali adalah satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki banyak restoran dengan pengakuan internasional.

Selain restoran-restoran fancy, kuliner jalanan (streetfood) di Bali pun sebenarnya menyimpan potensi luar biasa. Tak kurang dari dua chef sekaligus pemandu acara wisata kuliner internasional: Anthony Bourdain (No Reservation) dan Andrew Zimmern (Bizzare Foods) memuji kualitas Babi Guling Bali sebagai salahsatu terenak di dunia. 

Hal yang tak kalah penting, kuliner jalanan Bali juga adalah pilihan yang tepat untuk mencari makan enak, tanpa harus merogoh saku terlalu dalam. Apa sajakah pilihan kuliner jalanan Bali di daerah Denpasar yang bisa dijadikan pilihan? Berikut ini rekomendasi kami:

A.Ayam Betutu

Gurih dan super pedas, penampilan kuning berminyak dengan daging yang lembut akibat proses pemasakan yang lama, membuat Ayam Betutu sebagai salahsatu pilihan kuliner favorit warga Bali, dan juga wisatawan. Jika Ayam Betutu yang paling ngetop adalah racikan Men Tempeh di Terminal Gilimanuk, maka di Denpasar pun ada banyak pilihan “tutu” (istilah slang untuk Betutu) yang menarik.

Pilihan:

Ayam Betutu Khas Gilimanuk (Halal)

Jl. Merdeka No. 88, Denpasar 80234, P: 0361 263 464

Jl. Buluh Indah No.51X Denpasar, P: 0361 740 7509

Jl. Raya Tuban No.2X Kuta, P: 0361 757535

Jl. By Pass Ngurah Rai No.89 Nusa Dua, M: 0812 385 3232

B.Nasi Pedas

Dengan sambal yang menyayat lidah, dan aneka pilihan hidangan yang juga sama-sama pedas, siapkan untuk banjir keringat kala menyantap hidangan favorit khas Kuta, yang sebenarnya berasal dari daerah Banyuwangi ini.

Pilihan:

Nasi Pedas Ibu Andika (Halal)

Jl. Raya Tuban 118 seberang took kaos Joger , Denpasar 80361, P: 0815 5831 8187

C.Nasi Ayam Bali

Variasi tanpa babi dari Nasi Campur Bali, Nasi Ayam memiliki keunggulan dari banyaknya jenis lauk yang tersaji dalam satu porsi dan semuanya berbasis Ayam, misalnya: Ayam Betutu, Ayam Gerang Asam, Ayam Goreng, Ayam Pelalah, Ayam Suwir Sambal Matah, Sate Lilit, Kulit Ayam, dan Sup. Jangan lupakan sambal matah Bali yang segar dan gurih sebagai padanan yang klop.

Pilihan:

Nasi Ayam Ibu Oki (Halal)

Jl. Celaga Batur No. 3Y, Uluwatu 80361, P: 0361 805 2059

Jl. Siligita 27x Nusa Dua 80361, dekat Santika Siligita Hotel

D.Sate Lilit

Terbuat dari daging yang dihaluskan dan diberi bumbu, lalu dikepalkan pada bilah bambu dan dibakar di atas api, Sate Lilit memiliki karakter rasa gurih sedikit pedas, dengan tekstur yang lembut dan aroma asap yang menyeruak di tengah-tengah wangi sate. Sate ini tidak memiliki bumbu siram namun biasanya dinikmati bersama sambal matah (sambal mentah khas Bali), atau sambel merah (cabai ulek). Semua jenis daging bisa dibuat menjadi sate lilit, namun yang paling lazim dipakai adalah daging babi, ayam, atau ikan.

Pilihan:

Sate Lilit Ikan Laut Warung Ari (Halal)

Ujung Jl. Tukad Pakerisan dekat pertigaan Watureggong, Renon, Denpasar 80236

E.Seafood

Jimbaran merupakan tujuan utama menikmati kelezatan kerang bakar dengan bumbu gurih pedas khas daerah ini, namun jenis hidangan ini sebenarnya bisa dinikmati juga di daerah lain di Bali. Walaupun minus duduk di tepi pantai, namun sebagi imbalannya adalah juga harga yang lebih bersahabat.

Pilihan:

Pasar Ikan Kedonganan (Halal)

Beli ikan/kerang/udang/lobster di pasar, masak di kios-kios sekitar pasar.

Jl. Pantai Kedonganan, Kuta 80361

F.Lawar

Hidangan yang awalnya hanya dihidangkan saat perayaan Hari Raya Hindu ini, kini dijual sepanjang waktu dan menjadi pilihan unik kuliner Bali. Cacahan nangka muda, dicampur dengan bumbu Bali dan bahan lainnya, biasanya dicampurkan dengan potongan daging juga untuk menambah rasa. Jika di masa lampau pilihannya hanya Lawar Babi, kini terdapat pilihan daging lain semisal Lawar Ayam, Lawar Kuwir (bebek mandarin), bahkan Lawar Sapi.

Satu porsi Lawar biasanya terdiri atas nasi, lawar, daging/jeroan goreng kering, sate lilit, tum, dan sayur.

Pilihan:

Lawar Kuwir Pan Sinar (Halal)

Jl. Tantular No.99, Denpasar 80234, M: 0819 9919 7606

Jl. Kembang Matahari No. 3B, Banjar Ketapian Kaja, Sumerta , Denpasar, M: 0818 349 451

G.Sup Kepala Ikan

Potongan besar kepala ikan disajikan dalam kuah bumbu bali yang gurih pedas asin, disajikan bersama ikan Jangki (Kakap) goreng. Walau mungkin terdengar agak janggal, sup kepala ikan merupakan hidangan yang sekali anda suka akan membuat ketagihan. Kalau tidak percaya lihat saja antrean panjang di warung makan yang satu ini:

Pilihan:

Warung Mak Beng (Halal)

Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar 80227, P: 0361 282 633

H.Nasi Tempong

Hidangan khas Banyuwangi ini mendapatkan sambutan yang baik di Denpasar, karena sambal pedasnya yang menggugah selera. Disajikan secara standar bersama lalapan sayur, tempe, tahu, dan ikan asin, Nasi Tempong di Denpasar menyertakan juga alternatif lauk yang menarik, misalnya Gurami goreng, dan Cumi Bakar.

Pilihan:

Nasi Tempong Indra (Halal)

Jl. Letda Tantular No. 51, Denpasar 80234, P: 0361 807 9213 M: 0812 3458 3033

II.Alternatif

Jika tak cukup waktu untuk berkelana keliling Denpasar berburu makanan jalanan enak, maka pilihannya adalah mengunjungi tempat-tempat makan yang memiliki pilihan menu beragam, misalnya:

Warung Be Pasih (Halal)

Jl. Pemuda III No.24, Renon, P: 0361 237 755

Berlokasi di lingkungan yang asri dan tenang di daerah Renon, Be Pasih menyajikan aneka hidangan Bali kualitas terjamin dengan suasana makan yang nyaman, dan harga terjangkau. 

Warung Mina (Halal)

Jl. Tukad Gangga No.1 Renon, Denpasar 80235,  P: 0361 265 537

Jl. Legian No. 153B Legian, Kuta 80361, P: 0361 750 504

Ciri khas restoran ini adalah suasana nyaman, tempat duduk bale-bale, dan pilihan hidangan berbasis ikan dengan bumbu khas Bali. Terdapat pilihan ikan air tawar, maupun ikan laut dan aneka seafood.

III.Fun & Unique Facts

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo adalah hidangan khas Denpasar yang murah meriah dan dijual nyaris di tiap pelosok kota di malam hari. Mirip Sego Kucing (Yogyakarta), Nasi Jinggo pun memiliki komposisi yang serupa: Nasi putih, dengan lauk berupa potongan kecil daging, tempe, sayur, dan mie goreng. Nama Jinggo konon berasal dari karakter cowboy kenamaan “Django,” karena banyak pembeli nasi jenis ini adalah mereka dari kalangan para “koboi” Denpasar.

Arti kata “Betutu”

“Be” dalam bahasa Bali berarti “ikan,” namun dalam kosakata makanan ia lebih berarti “lauk”, sehingga selain be yang benar-benar ikan, ada juga be be sampi (sapi), be celeng (babi), be siap (ayam), bahkan be tempe, dan be tahu. “Tunu” adalah istilah Bali untuk proses pemasakan “be” dengan dipanggang. Dari istilah “be tunu” inilah konon istilah “betutu” muncul.

IV.Oleh-oleh Bali

Pia Legong adalah salahsatu pilihan oleh-oleh favorit khas Bali. Namun karena berdasarkan sistem pesanan, tak jarang pelanggan kecewa karena langsung mampir ke toko dan tidak kebagian pia khas Bali ini. 

Jika tidak bisa menunggu lama, maka alternatif yang patut dicoba adala Pia Janger. Dengan rupa dan rasa yang mirip Pia Legong, namun pasokan lebih banyak sehingga pemesanan seketika pun akan diladeni. Soal rasa? Cakep, minus indent pula. 

Alternatif tak kalah menarik adalah Pia Baliku, dengan ukuran pia yang lebih kecil dari Legong maupun Janger, namun dengan karakter rasa yang lebih gurih, halus dan lembut, dan dengan harga satuan yang lebih murah. 

Pia Janger

Jl. By Pass Ngurah Rai No. 98, Denpasar, P: 0361 743 4650, 741 5888

Pia Baliku

Ruko Sedana Teras Dewata No. 3, Jl. Gunung Soputan, Denpasar, P: 0361 499 233, 793 9921

 
As published on Linked (Citilink inflight magazine) May 2013