Lazada Indonesia

Latest Events in Bali

At The Table - Referensi Makan Malam di 38 Negara

AT THE TABLE

Telah Terbit Buku Referensi Makan Malam di 38 Negara.

Apa saja yang disajikan untuk makan malam di berbagai negara di dunia? 

Bagaimana cara memasak, menyajikan dan menikmatinya?

At the Table. Food and Family around the World sebuah buku referensi yang memberikan wawasan yang menarik bagaimana makan malam didefinisikan di berbagai negara baru saja terbit. Secara ringkas, At the Table merupakan gambaran, harfiah dan kiasan, tentang apa yang terjadi di meja makan di berbagai negara di dunia yang terangkum dalam kombinasi narasi, foto, dan berbagai resep.

Editor Ken Albala, yang berpengalaman sebagai penulis maupun editor 24 buah buku tentang makanan, berharap dapat mendokumentasikan berbagai hal terkait makan malam masa kini sebelum makin meluasnya efek homogenisasi produksi masal, perdagangan global dan media masa. 

Berbagai tulisan yang terkumpul dalam satu buku ini mengkaji semua aspek makan malam di lingkungan internasional, yang memungkinkan perbandingan wawasan lintas budaya dan pemahaman tentang dampak modernisasi dan globalisasi terhadap kebiasaan makan di berbagai negara. 

Sebanyak 38 negara dibahas dalam buku ini, meliputi kebiasaan makan masa kini di Eropa, Asia, Timur Tengah, Afrika, serta Amerika Utara dan Selatan. Indonesia terwakili dengan tulisan dari Amanda Katili Niode, Ketua Omar Niode Foundation, tentang Makan Malam di Gorontalo yang mengisi 14 halaman buku At the Table. 

Kajian tentang Gorontalo dilakukan Amanda bersama Noor Sitoresmi pemilik usaha kecil Gorontalo Food, Dive and Culture dan fotografer Donald Wahani. Makan malam dalam buku ini lebih diartikan sebagai “makan besar” atau waktu makan yang paling penting dalam keluarga, sehingga tidak selalu berarti "dinner" yang secara teknis didefinisikan di negara-negara Barat karena makan utama atau makan besar mungkin saja dilakukan di siang hari. 

Para kontributor membahas segala sesuatu terkait makan malam, seperti waktu yang dihabiskan, resep, persiapan dan cara memasaknya, belanja  bahan mentah, proses bersih-bersih, peran partisipasi berbasis gender, percakapan atau interaksi sosial lainnya di tempat makan, dan etiket yang berlaku.

Hampir secara universal, "makan malam" adalah makanan utama di sebagian besar negara di seluruh dunia, baik berupa hidangan sederhana dari beras dan kacang-kacangan, seiris pizza di mana saja, atau makan malam resmi dengan beberapa tahap dimulai dari hidangan pembuka sampai dengan hidangan penutup. 

Di saat sebuah keluarga menikmati makanan utamanya, disitulah para anggota keluarga belajar tentang tata-cara berbagai hal, mendiskusikan aspirasi dan kekuatiran, serta belajar berkomunikasi. Tanpa adanya waktu makan bersama bukan tidak mungkin perilaku dan nilai-nilai positif dalam kehidupan berkeluarga gagal "Saya merasa sangat terhormat  dapat bergabung dalam jaringan kontributor professional buku ini yang dipimpin oleh Ken Albala seorang pakar kuliner yang termashur di bidangnya. Semoga dalam waktu dekat Indonesia dapat menerbitkan buku serupa yang berisi tentang segala hal terkait makan malam di seluruh provinsi di Indonesia," demikian Amanda Katili Niode yang juga merupakan Ambassador dari World Food Travel Association di Indonesia. 

Judul: At the Table. Food and Family around the World

Editor: Ken Albala. Penerbit: ABC-CLIO/Greenwood

Dimensi: 17,5 x 2 x 25 cm. Hardcover, 342 halaman

 

Tentang Ken Albala, Editor At the Table. Food and Family around the World.

Ken Albala adalah professor bidang sejarah dan direktur kajian makanan di University of the Pacific, California, Amerika Serikat. Ia adalah penulis atau editor 24 buah buku tentang makanan, termasuk monograf akademik, ensiklopedia, buku masak, terjemahan dan sejarah makanan populer.  Albala adalah editor dari buku-buku terbitan ABC-CLIO: Food Culture around the World series dan terbitan Greenwood: From Famine to Fast Food: Nutrition, Diet, and Concepts of Health around the World & Food Cultures of the World Encyclopedia.U ntuk informasi lebih lanjut kunjungi http://kenalbala.blogspot.co.id/

Omar Niode Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba di Jakarta, Indonesia yang bekerja meningkatkan kepedulian tentang kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di bidang pertanian, pangan dan seni kuliner. Beberapa program Omar Niode Foundation meliputi beasiswa tesis, bantuan biaya perjalanan, publikasi buku, seminar, dan kampanye kepedulian masyarakat. Untuk tulisan tentang perjalanan wisata, pertanian, pangan dan kuliner kunjungi www.omarniode.org.